Tanpa Risiko, Inilah Pinjaman Dana Tunai yang Bisa Dipilih

Tanpa Risiko, Inilah Pinjaman Dana Tunai yang Bisa Dipilih

Dikala Anda akan memulai usaha maupun sedang menjalankan usaha, maka ada saatnya Anda membutuhkan pinjaman dana tunai yang lebih banyak untuk membeli peralatan, membeli bahan-bahan, membayar tagihan, serta untuk berbagai macam kebutuhan yang lain. Ada kalanya pula kebutuhan-kebutuhan yang mendadak, hingga memerlukan dana secara tunai dengan cepat. 

Apabila persediaan dana Anda sudah menipis dan tidak lagi mencukupi, tentu hal yang Anda harus lakukan yaitu mencari dana tambahan dari tempat lain. Nah, sebagai langkah terbaik untuk mencegah terjadinya masalah di kemudian hari, maka Anda pun harus mencari dana secara tunai tanpa adanya resiko atau jaminan. 

Akan tetapi, apa mungkin Anda akan mendapatkan dana yang bebas dari resiko di zaman saat ini? Disaat Anda tidak memiliki uang atau dana sendiri, maka cara tercepat untuk mendapatkan dana tunai yaitu dengan meminjam uang. Ada beberapa pilihan tempat untuk meminjam uang yang dapat Anda pilih. 

Pinjaman dana secara tunai bisa Anda mulai dari keluarga, sahabat, serta bank maupun lembaga lainnya sebagai penyedia fasilitas pinjaman yang resmi kepada nasabahnya. Masing-masing dari tempat peminjaman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, serta faktor risiko lainnya. Jadi, Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu mengenai tempat peminjaman tunai tersebut, sesuai dengan kebutuhan. 

Meminjam Dana pada Orang Sekitar 

Pada umumnya, resiko paling kecil saat meminjam uang yaitu apabila Anda meminjamnya dari keluarga maupun sahabat yang tidak meminta agunan atau jaminan pada Anda, serta tidak juga menarik bunga. Lebih sempurna lagi apabila untuk pengembaliannya tidak ditentukan batas waktu. Tetapi, kemungkinannya kecil untuk didapatkan.

Selain itu, belum tentu Anda memiliki keluarga atau sahabat yang akan meminjamkan uang untuk Anda. Misalnya ada yang mau meminjamkan, biasanya pun jumlahnya kecil sehingga tidak akan mencukupi kebutuhan Anda. Jadi, resiko peminjaman pada keluarga atau sahabat ini biasanya tidak mencukupinya dana tunai dan terbuangnya waktu dalam mencari pinjaman kesana kemari.

Tempat meminjam uang selanjutnya yaitu kepada pemberi pinjaman perseorangan tak resmi yang sering disebut pula dengan rentenir. Untuk peminjaman satu ini, sangat tidak disarankan bagi Anda karena bunganya yang terlalu tinggi. Meskipun syarat untuk pengajuan sangat mudah karena tidak perlu memberikan jaminan, proses dokumentasi juga tidak berbelit, serta uang dapat cair dalam waktu singkat.

Peminjaman pada renternir tentu memiliki bunga yang yang sangat tinggi hingga mencapai 10% per bulan, bahkan lebih. Resiko denda keterlambatan pun sangat tinggi sehingga dapat membuat hutang Anda menjadi berkali-kali lipat. Parahnya lagi yaitu adanya resiko penagihan yang akan melibatkan kekerasan verbal serta kekerasan fisik.

Baca juga: Minimal Pendapatan Untuk Kartu Kredit Citibank

Meminjam Dana KTA

Selanjutnya, tempat peminjaman dana yang lebih aman yaitu di lembaga keuangan yang resmi atau bank. Tempat-tempat ini memiliki dana secara tunai yang cukup besar, serta peraturan yang jelas. Nah, Sebagai nasabah, Anda pun akan mendapatkan perlindungan dari hukum yang berlaku. 

Masalah yang sering kali terjadi saat meminjam dana di bank atau lembaga resmi yaitu dibutuhkannya agunan atau barang untuk jaminan supaya mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Risikonya tentu yaitu kehilangan barang jaminan tersebut, apalagi jika Anda tidak mampu untuk membayar hutang secara tepat waktu.

Apabila Anda tidak menginginkan risiko kehilangan barang-barang berharga, maka Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA. Saat ini, beberapa bank dan lembaga keuangan resmi telah menawarkan KTA kepada pengusaha maupun calon pengusaha. Waktu yang akan dibutuhkan untuk mencairkan dana KTA pun lebih singkat karena Anda tidak memerlukan verifikasi agunan. 

Namun, KTA pun tidak bebas dari masalah. Hal pertama yaitu sulitnya mendapatkan dana besar apabila Anda tidak memiliki jejak sejarah pinjaman yang baik. Lalu, bunga dan denda keterlambatan pun biasanya lebih besar dari pinjaman yang disertai agunan. Resiko pinjaman ini yaitu diblacklistnya nama Anda apabila Anda tidak mampu membayar tepat waktu dalam kurun waktu tertentu. 

Dari penjelasan di atas, kita dapat simpulkan bahwa mencari dana tambahan untuk usaha memiliki segala kemungkinan masalah dan risiko. Sehingga Anda harus melakukan beberapa hal untuk mencegah risiko tersebut suapaya usaha tetap dapat berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang menginginkan produk pinjaman dana tunai terbaik di Indonesia dengan cicilan ringan serta bunga rendah, maka silahkan cek https://www.cekaja.com/kredit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *