Mudah dan Menguntungkan, Inilah Tips Menggunakan Dana KTA BNI!

tips menggunakan dana KTA BNI

Kredit tanpa agunan atau KTA sudah menjadi salah satu solusi cepat bagi kita untuk memperoleh dana tunai untuk berbagai macam kebutuhan. KTA ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, tetapi juga digunakan sebagai talangan untuk perputaran suatu usaha. Semakin maraknya tawaran dari lembaga-lembaga keuangan menandakan juga bahwa kebutuhan akan dana tunai ini sangatlah tinggi. Bank lokal maupun bank asing di hampir seluruh Indonesia sudah mengeluarkan produk-produk KTA ini termasuk BNI. Namun tidak semua orang memahami tips menggunakan dana KTA BNI yang tepat.

Anda harus pandai dalam mengelola dana yang di dapat apalagi dana kredit ini bisa dikatakan sebagai dana milik orang lain yang harus dikembalikan. KTA kadang dipandang negatif karena merupakan hutang dan terkesan seperti rentenir dengan produk berbunga tinggi. Padahal hanya karena sebagian debitur yang kurang bertanggungjawab yang menjadikan KTA di pandang kurang baik.

Perusahaan-perusahaan besar pun pasti menggunakan kredit dari lembaga keuangan untuk meningkatkan performance bisnis mereka. Jadi kredit dapat dikatakan bagus tergantung pada penggunaannya. Bijaksana dalam menggunakan fasilitas kredit yang dimiliki merupakan faktor yang paling utama. Alasan mengapa KTA BNI menjadi pilihan bagi kebutuhan dana tunai, antara lain:

  • Diberikan oleh lembaga-lembaga keuangan terpecaya.
  • Kemudahan dalam mengajukan pinjaman, cukup melampirkan data-data berupa KTP dan kartu kredit saja.
  • Proses yang cepat
  • Menawarkan limit yang cukup besar.
  • Bunga relatif ringan, bahkan untuk limit tertentu KTA bisa diperoleh dengan bunga dibawah 1% per bulannya.

KTA BNI adalah produk yang menarik sebagai solusi dana tunai. KTA tetap saja merupakan hutang. Memang hutang ini tidak selalu di anggap salah. Tetapi bila tidak dikelola dengan baik dan bijaksana, maka bisa jadi akan mendatangkan masalah bagi kita di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin memanfaatkan solusi dana tunai dari KTA BNI.

1. Tentukan tujuan penggunaan KTA

Kredit ini sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat atau mendesak, dan bukan hanya untuk konsumsi semata. Contohnya seperti kebutuhan untuk pengobatan keluarga, renovasi rumah, perbaikan mobil yang cukup besar, dan hal-hal lain yang tidak bisa ditunda pembiayaannya. Walaupun dana KTA BNI ini dapat digunakan untuk hal yang bersifat konsumtif, tetapi lebih baik lagi dana ini Anda gunakan hanya untuk hal yang mendesak.

2. Perhatikan kondisi keuangan pribadi/keluarga.

Hitunglah dengan baik kebutuhan dana tunai dan besaran cicilan yang akan kita tanggung per bulannya. Pastikan Anda memiliki ruang dalam anggaran rutin kita untuk membayar cicilan KTA sepanjang masa kredit. Jangan sampai dana yang dimilki hanya pas untuk cicilannya saja. Belum lagi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Hal tersebut bisa menjadi faktor yang memberatkan proses dari KTA ini. Anggaran pribadi atau keluarga harus dijadikan patokan.

 

Baca juga: Fashion dan Uang

 

3. Ambil jumlah pinjaman seperlunya.

Kemudahan pinjaman KTA yang mudah terkadang membuat terlena. Dengan fasilitas bunga yang lebih rendah namun dapat mengambil pinjaman lebih besar terkadang membuat calon debitur tergoda untuk berperilaku konsumtif dan akhirnya memberatkan cashflow pribadi/keluarga.

4. Lunasi secepatnya

Apabila pada masa cicilan sedang berjalan Anda mendapat rezeki lebih, alangkah lebih baik Anda utamakan pembayaran KTA ini. Tetap perhitungkan semua konsekuensi yang mungkin timbul seperti pinalti dll ya. Dengan demikian kita terbebas dari beban bunga dan beban “memiliki hutang” secara psikologis. Maka penting sekali menganalisis terlebih dahulu segala faktor saat akan mengambil KTA agar proses cicilan tidak terhambat.

Demikian beberapa tips bijak menggunakan KTA beserta beberapa penjelasan singkat mengenai produk KTA itu sendiri. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua untuk lebih bijak mengelola keungan pribadi/keluarga. Cek juga di http://https://www.cekaja.com/banks/bni/kartu-kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *