Budidaya Hewan Ternak, Jenis Usaha yang Patut Dicoba

Manfaat Budidaya Hewan Ternak

Ketika berbicara mengenai usaha, pasti diantara kita akan segera memilih bisnis fashion ataupun bisnis kuliner sebagai langkah awal dibandingkan jenis bisnis lainnya. Hal tersebut dikarenakan kedua bisnis tersebut memang sudah dilakukan oleh banyak pelaku bisnis dan menjadi salah satu bisnis yang cenderung lebih mudah untuk dilakukan, walaupun cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi. Padahal di dalam dunia bisnis, banyak sekali peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan dalam memulai bisnis, selain hanya dengan bisnis fashion dan kuliner. Sebut saja seperti bisnis rumah kost, agrobisnis, hingga bisnis budidaya hewan yang sepertinya masih cenderung sepi peminat.

Memang terdengar sedikit menjijikan dan kurang menguntungkan, namun siapa sangka bahwa sebenarnya bisnis budidaya hewan merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Bukan hanya itu saja, bisnis budidaya hewan juga tidak membutuhkan modal yang besar dan memberikan beragam manfaat bagi para pelakunya. Selain dijadikan sebagai bidang usaha, banyak belum mengetahui bahwa hewan-hewan ternak tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi juga. Bisnis Hewan ternak itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu hewan ternak besar seperti sapi, kerbau, kelinci, kuda, dan sejenisnya, kemudian terdapat pula hewan ternak kecil seperti domba, kambing dan babi, dan yang terakhir ialah hewan ternak unggas seperti ayam, burung, puyuh dan itik.

Diantara berbagai jenis hewan ternak pastinya anda akan berhadapan dengan rintangan yang berbeda-beda. Namun walau begitu, hewan-hewan ternak yang baru saja disebutkan akan memberikan beragam manfaat lho. Masih penasaran kan mengenai budidaya hewan ternak? Yuk simak ulasan berikut ini mengenai manfaat dari budidaya hewan ternak.

Manfaat Usaha Budidaya Hewan Ternak

1. Dapat Dikonsumsi Sebagai Sumber Protein

Seperti susu, daging, dan telur yang terdapat di hewan ternak dapat anda manfaatkan sebagai sumber protein yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Tentu hal ini akan memberikan anda keuntungan tersendiri mengingat bahan-bahan pangan yang anda temukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket besar terus mengalami kenaikan harga secara konstan, jelas dengan melakukan budidaya hewan ternak akan sekaligus menghemat pengeluaran anda dalam hal pangan.

Hewan-hewan ternak yang anda miliki dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein yang bisa anda konsumsi sehari-hari sehingga secara langsung anda pun juga akan hemat dalam hal pengeluaran.

2. Sebagai Transportasi

Khusus untuk hewan-hewan berat, selain bisa dijadikan sebagai sumber protein, hewan-hewan tersebut pun juga dapat dimanfaatkan untuk membawa sejumlah muatan menuju wilayah yang sulit dijangkau oleh manusia ataupun kendaraan transportasi besar. Selain itu, hewan ternak juga dapat digunakan untuk membantu kelancaran aktivitas mata pencaharian manusia, seperti membajak sawah atau mengolah lahan pertanian.

Cara Budidaya Hewan Ternak

Melakukan budidaya hewan ternak sebenarnya sangatlah tidak sulit. Sama halnya jika anda memiliki peliharan di rumah seperti anjing atau kucing yang setiap hari memang harus dirawat dan diberikan makan. Melakukan budidaya hewan ternak pun tidak jauh berbeda. Anda juga harus memberikan mereka makan sehari setidaknya dua kali, membersihkan tubuhnya dan memastikan bahwa kandangannya tetap menjadi tempat peristirahatan yang nyaman, membersihkan kandang secara teratur, pemeriksaan kesehatan secara berkala, pemberian vaksin, dan tentunya berilah hewan ternak anda dengan kandang yang memiliki luas yang cukup agar hewan-hewan tersebut merasa nyaman.

Walaupun melakukan budidaya hewan ternak memang membutuhkan lahan khusus yang bisa dijadikan sebagai tempat penangkaran mereka, namun permulaan dari bisnis hewan ternak itu sendiri tidaklah sulit. Anda tidak perlu langsung membeli hewan yang banyak dan mengeluarkan modal yang besar. Cukup dimulai misalkan dengan membeli sepasang sapi atau kambing yang dimasukan ke dalam kandang yang telah disediakan.

Nah, selain hewan ternak, sebenarnya masih banyak lagi lho jenis budidaya hewan yang bisa anda lakukan, yang tentunya membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit dibandingkan budidaya hewan ternak. Mau tahu hewan-hewan apa saja yang bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis dengan modal kecil namun menguntungkan? Yuk kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/ingin-bisnis-ternak-5-hewan-ini-pilihannya/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *