Ayo Nabung DP, Milenial Bisa Beli Rumah Sendiri

Milenial Bisa Beli Rumah Sendiri

Kata siapa, milenial ngga bisa punya rumah? Kini mereka semakin dipermudah untuk memiliki rumah dengan kredit rumah murah.

Walaupun ga semua juga sih, tapi ada aja gitu milenial yang cenderung boros dan susah nabung buat beli rumah. Mereka lebih menyukai tinggal di kosan atau apartment dan mempunyai rumah ketimbang memiliki rumah pribadi. Mungkin yang menjadi alasan milenial tidak ingin atau belum ingin membeli rumah karena memang harga kredit rumah yang mahal.

 

Kumpulin DP dulu

Kamu milenial yang mau punya rumah pribadi ga usah khawatir ya karena CekAja.com membantu kamu untuk bisa mendapatkan KPR. Semakin banyak uang DP yang kamu kumpulkan maka, biaya yang akan kamu cicil tiap bulannya akan semakin ringan. Tertarik ingin tahu bagaimana cara mengajukan kredit rumah murah? Berikut 4 tips mengumpulkan DP KPR.

1. Melunasi semua utang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melunasi semua utang yang kamu miliki terlebih dahulu. Bagaimana caranya kamu berhutang untuk KPR, sedangkan kamu masih memiliki utang lainnya? Entah itu utang cicilan mesin cuci, cicilan hp, cicilan kartu kredit, dan cicilan lainnya. Bank hanya akan approve pengajuan KPR jika total utang mu tidak melebihi 30% dari total penghasilan mu.

2. Stop konsumtif

Kalau rasio utang mu sudah dirasa aman, kamu bisa sambil membuat daftar prioritas kebutuhan mu. Membuat catatan keuangan mu, mulai dari penghasilan yang masuk, sampai pengeluaran dalam 1 bulan. Catat semua transaksi uang masuk dan keluar. Patuhi daftar prioritas mu dan lakukan secara konsisten dan sabar. Selalu ingat bahwa memiliki rumah pribadi adalah hal yang penting, penuh tantangan dan terus konsisten dalam melakukan nya (KPR).

3. Investasi

Jika dirasa rasio utang mu sudah di bawah 30%, mulai lah berinvestasi. Kalau kamu mempunyai tabungan “mati” alias tabungan yang nilainya tidak bertambah secara signifikan, kamu bisa memindahkan tabungan mu ke deposito. Tabungan deposito memberikan bunga yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis tabungan biasa yang lainnya.

 

Baca juga: Tanpa Risiko, Inilah Pinjaman Dana Tunai Yang Bisa Dipilih

 

4. Kerja sampingan

Ada banyak macam kerjaan sampingan mulai dari freelance writer, usaha jastip, menjadi reseller, jadi driver ojol, atau pekerjaan apa pun itu asalkan tidak mengganggu pekerjaan utama dan kesehatan mu.

5. Merintis bisnis bersama keluarga

Langkah ini bisa kamu lakukan setelah kamu merasa aman dengan keadaan finansial mu. Kamu bisa mencoba bisnis es kopi susu, buka franchise jasa kurir, atau bahkan kamu bisa berjualan online baik menjual produk sendiri atau menjadi reseller.

6. Jual barang tidak terpakai

Kalo kira-kira kamu punya barang yang gak terpakai misalnya sepeda, sepatu, jaket, lemari, atau apa pun itu, ya jual aja. Selain untuk menambah DP KPR, jual-jualin barang ga terpakai juga bisa menghemat ruang di rumah baru mu nanti.

 

Tips beli rumah

Sambil kamu melakukan 6 tips kumpulin DP, simak juga yuk tips membeli rumah di bawah ini.

1. Budget

Ketahui dulu budget mu berapa. Siapin uang kira-kira Rp500 juta deh udah bisa dapet rumah tipe 36. Sedangkan harga rumah dengan tipe 27 bisa di bawah Rp500 juta. Setelah kamu tahu harga rumah incaran mu, harusnya kamu semakin giat bekerja dan menabung. Juga jangan lupa untuk terus berhemat.

2. Tipe

Ada dua tipe rumah yang cocok untuk kamu yang masih single. Rumah dengan tipe 27 dan tipe 36. Rumah dengan tipe 27 tentu lebih kecil dari pada tipe 36. Namun, jika kamu memiliki banyak barang atau pun kamu akan menikah, kami rekomendasikan untuk membeli rumah tipe 36. Memang harga nya lebih tinggi, tapi rumah tipe 36 lebih luas sehingga lebih mampu menampung barang. Walaupun harganya lebih tinggi, namun akan terasa lebih ringan jika bayarnya patungan dengan pasangan.

3. Fasilitas

Saat pertama mendatangi calon rumah, ada baiknya kamu mengecek sinyal internet kamu di setiap ruangan. Karena buat apa juga beli rumah tapi sinyal internet di situ malah jelek. Fasilitas lainnya yang utama kamar tidur, kamar mandi, dapur, garasi, d.ll.

Baca juga: Dana Tunai Cepat Bunga Ringan

4. Keamanan dan kenyamanan

Ada baiknya jika kamu tinggal di komplek perumahan yang memiliki satpam yang siap keliling jagain rumah-rumah di sana. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki pusat layanan jika kamu mengalami masalah pada fasilitas umum seperti air, listrik, hingga sampah.

5. Akses

Salah 1 hal yang ga kalah pentingnya yaitu akses dari rumah ke kantor. Pastikan akses menuju rumah mu bagus dan cukup mudah dijangkau. Minimal sudah ada jalan besar yang diaspal bagus. Lebih bagus lagi jika rumah mu dekat dengan pintu tol.

Jadi gimana, udah siap ngumpulin DP?

 

https://www.cekaja.com/kredit-pemilikan-rumah/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *